Profile


Laboratorium Bahan dan Konstruksi semula berdiri sebagai Laboratorium Bahan Bangunan dan berlokasi di Kampus Pleburan, Semarang dipenghujung tahun 1970. Laboratorium ini merupakan unit yang bernaung di bawah Fakultas Teknik Universitas Diponegoro terutama dimaksudkan untuk melatih ketrampilan mahasiswa Jurusan Sipil tentang pengetahuan bahan konstruksi.

Setelah seluruh Kampus Fakultas Teknik menempati lokasi baru di Tembalang, laboratorium dilengkapi dengan unit baru; Laboratorium Konstruksi. Laboratorium ini terutama berfokus pada pengujian elemen struktur atau struktur bangun dan bentuk.Pada tahun 2000 diadakan fusi antara kedua laboratorium tersebut, dan lahirlah Laboratorium Bahan dan Konstruski, seperti yang dikenal masyarakat sekarang ini.

Kepengurusan laboratorium diserahkan pada seorang Ketua, yang dalam menjalankan tugas didampingi oleh seorang Sekretaris Laboratorium. Disamping itu laboratorium diperkuat oleh jajaran tenaga ahli yang masing-masing mempunyai kepakaran dalam berbagai bidang, baik menyangkut bahan maupun struktur.

Dalam tahun-tahun terakhir, Laboratorium Bahan dan Konstruksi Undip semakin dipercaya, dan semakin dikenal luas di kalangan percaturan dunia bahan dan struktur. Walaupun demikian, target kedepan akan selalu ditingkatkan.

 

LABORATORIUM BAHAN dan KONSTRUKSI
Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang  Semarang
Telp.(024) 76480727, Fax (024) 76480727
Email : bahanundip@indosat.net.id