Han Ay Lie

Professor of Structural and Material Engineering at Diponegoro University

Cerita Awal IKATEKSI

Menyadari bahwa potensi alumni Teknik Sipil  yang sangat besar dan belum adanya wadah organisasi yang mengurus para alumni yang semakin besar sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi  pada almamater,  maka di tahun 2012 mulai dirintis seiiring dengan mulai memegang amanah sebagai Ketua Jurusan Teknik Sipil, ini merupakan kesempatan yang baik dan dimulai dari berkonsultasi dengan Dekan Fakultas Teknik pada waktu itu yaitu Ir Bambang Pudjianto MT yang memberikan respon yang baik dan  dorongan karena pada dasarnya  niatan yang baik itu dijalankan saja walaupun disadari cukup berat karena secara hirarki yang ada bahwa Organisasi Alumni di Tingkat Pusat  Universitas yaitu IKA UNDIP turun kebawah sampai Tingkat Fakultas berupa Komisariat Fakultas jadi tidak sampai Tingkat Jurusan. Konsultasi juga dilakukan kepada Sesepuh Jurusan Teknik Sipil yaitu Prof Ir Joetata yang mendapat tanggapan yang positif , Rencana ini kemudian disampaikan juga pada Ketua Paguyuban Mataram 427 yaitu Bapak Ir. Mulyono Bahrum yang pada waktu itu menyarankan , apakah tidak membesarkan paguyuban  Mataram 427 saja dengan dinamakan  Paguyuban Mataraman , tetapi karena dengan pertimbangan bahwa alumni yang tidak pernah mengikuti kuliah di Mataram 427 akan kurang memahami  dan jumlahnya akan semakin besar dan  mereka tidak tahu kampus Mataram 427. Pada waktu itu saya yakinkan bahwa atas dasar tersebut maka Ikatan Alumni yang bisa Mewadahi semua angkatan sampai masa yang akan datang harus di bentuk dan terorganisasir dengan baik dengan berbagai kegiatan. Sehingga bisa bersinergi dengan jurusan Teknik Sipil dan memberikan kontribusi yang nyata terhadap almamater.

 

Mengenai paguyuban Mataram 427 dan kegiatan masing-masing angkatan tetap saja berjalan dan berkembang. Dengan modal tersebut diatas itu saya rencanakan bertepatan dengan Dies Natalis yang ke 54 ( tahun 2012 ) akan di usulkan dan diresmikan wadah alumni jurusan Teknik sipil Undip , rencana tersebut ditunda satu tahun kemudian atas masukan  dari teman sejawat yaitu bapak Eko Yulipriyono yang banyak memberikan sumbang saran dengan pertimbangan momentumnya lebih tepat pada Dies Natalis yang ke 55 ( Lustrum ke 11 ) sambil lebih dipersiapkan lebih matang .

 

Pada waktu pertemuan paguyuban Mataram 427 yang diselenggarakan di kampus Jurusan Teknik Sipil pada bulan maret 2013, mulai dilontarkan Rencana pembentukan Wadah Alumni dan mendapat tanggapan yang baik dan juga waktu itu kita usulkan bahwa Ketuanya adalah mas MR Priyanto.

 

Setelah itu mulai aktif mengadakan rapat-rapat , mulai pembentukan pengurus dan persiapan pelantikan yang direncanakan bertepatan dengan peringatan Lustrum ke  11 jurusan Teknik sipil yaitu bulan Oktober 2013 . Mengenai  pemberian nama , saya usulkan IKATEKSI kependekan dari IKATAN ALUMNI TEKNIK SIPIL dengan pertimbangan juga mudah diingat dan merupakan bagian dari IKA UNDIP pada waktu itu mendapat tanggapan yang beragam tetapi kemudian bisa diterima , banyak masukan pada waktu  rapat-rapat tersebut antara lain dari Mas Danang Atmojo dan Mas MR Priyanto juga Mas Moga Narayudha dan Mas Eko Yulipriyono untuk mempersiapkan Naskah pelantikan dan peringatan Dies Natalis Ke 55, disamping itu juga mendapat masukan dari Mas Budi Santoso dari Suara Merdeka yang salah satunya adalah wanti-wanti kalau IKATEKSI harus selalu bersinergi dengan Jurusan Teknik Sipil UNDIP, ini merupakan saran yang sangat bijak.  Sebelum malam puncak peringatan dan pelantikan pengurus ada beberapa kegiatan anatara lain Seminar  Jalan Tol yang disampaikan langsung oleh Direktur Utama Jasa Marga yaitu Mas Aditiawarman ini sangat membanggakan bagi kami semua.

 

Acara pelantikan berlangsung meriah dihadiri banyak alumni dari berbagai angkatan terutama para senior yaitu dari paguyuban Mataram 427 dan juga disaksikan dari IKA UNDIP yang diwakili Sekretaris IKA UNDIP.

 

Dibawah kepemimpinan Mas MR Priyanto banyak kegiatan IKATEKSI antara lain memberikan masukan pada pemerintah Daerah mengenai penanganan masalah Rob di Semarang, yaitu Konsep sabuk pantai yang sudah di presentasikan di Gubernur  Jawa Tengah , Walikota Semarang dan DPRD Kota Semarang dan diberbagai forum seminar dan diskusi, juga memberikan respon dan masukan pada waktu terjadi kebakaran pasar Johar Semarang serta ikut serta dalam diskusi panel memperingati hari air sedunia.

 

Kabar yang sangat menggembirakan bahwa dibulan Agustus 2015 akan diadakan Reuni Akbar  di Jakarta  dan Pembentukan pengurus IKATEKSI cabang JAKARTA , Jawa Barat dan Tangerang, ini menunjukkan IKATEKSI UNDIP semakin berkembang dan terus berkembang bisa nantinya betul-betul merangkul semua Alumni dimanapun berada dan bisa bersinergi dengan Jurusan Teknik Sipil dan memberikan kontribusi yang nyata. Sehingga harapan dan impian  kita semua bahwa Jurusan Teknik Sipil memiliki Ikatan Alumni yang cukup kuat dan guyup serta dapat membanggakan kita semua  bisa terwujud.

 

Jayalah Alumni Teknik Sipil UNDIP……….Jayalah IKATEKSI.

Ditulis oleh; Ir. Sumbogo Pranoto, M.T.(Ketua Jurusan Periode 2012-2016.