Cerita dari Banu Ardi Hidayat


Halo semuanya!

你好吗?

Bagaimana kabarnya?

Perkenalkan, nama saya Banu Ardi Hidayat. Saya adalah lulusan Teknik Sipil Undip, S1 angkatan 2010 dan S2 program fast track angkatan 2015. Mulai tahun 2018 ini, saya adalah mahasiswa PhD program di Department of Civil Engineering, National Cheng Kung University (NCKU) di Taiwan.

Taiwan merupakan salah satu negara tujuan belajar mahasiswa Indonesia. Sistem pendidikan yang sudah maju dan fasilitas penelitian yang lengkap menjadi alasannya. Selain itu, banyaknya kampus yang sudah memiliki reputasi kelas dunia dan dosen yang aktif dalam penelitian juga menjadi daya tarik bagi mahasiswa Indonesia. Menurut data PPI Tainan City (Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Kota Tainan), jumlah mahasiswa Indonesia di seluruh kampus di Kota Tainan mencapai sekitar 400 orang. Sehingga saya sering bertemu juga dengan mahasiswa asal Indonesia di sekitar Kota Tainan.

Acara Welcoming Party oleh PPI Tainan City

Kehidupan di kampus NCKU sangat menyenangkan dan penuh dengan tantangan. Suasana kampus yang hijau dan fasilitas yang sangat lengkap membuat saya betah berada di kampus. Laboratorium yang lengkap dan perpustakaan yang nyaman sangat membantu dalam menyelesaikan tugas perkuliahan di semester awal ini, dan tentunya riset untuk disertasi di semester berikutnya. Iklim ilmiah saat kuliah di kelas juga selalu saya rasakan. Mahasiswa lokal dan internasional sering berdiskusi, baik dengan teman ataupun dengan dosen pengajar.

Di kampus Teknik Sipil NCKU, saya tergabung dalam CASA Laboratory (Computer Aided Structural Analysis Laboratory) di bawah bimbingan Prof Hsuan-Teh Hu. Beliau merupakan profesor yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang struktur, terutama bidang finite element dan perkuatan struktur. Prof. Hu sendiri juga sedang mengadakan penelitian bersama dengan Prof. Han Ay Lie. Beliau berdua merupakan kombinasi yang tepat, yaitu beliau berdua sangat pandai dan sangat menguasai bidangnya. Saya sangat beruntung bisa menimba ilmu dari beliau berdua. Selain itu, sy juga banyak dibantu oleh senior di CASA Lab, baik mahasiswa program PhD maupun program master yang sudah terlebih dahulu bergabung.

Dinner dengan Prof. Hu dan Mahasiswa PhD Program Lainnya

Terakhir, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bu Ayke yang selalu mendukung saya untuk melanjutkan perkuliahan di NCKU dan saya termotivasi untuk mengikuti jejaknya. Beliau selalu mengajarkan mengenai komitmen dan kerja keras untuk mencapai suatu tujuan yang lebih besar. Beliau selalu mendorong mahasiswanya untuk menuntut ilmu setinggi mungkin dan nantinya mengajarkan ilmu itu untuk perkembangan masa depan yang lebih baik.

Salam hormat saya kepada Bu Ayke.

谢谢

Terima kasih