Han Ay Lie

Professor of Structural and Material Engineering at Diponegoro University

Joint Research ‘CFRP Wrap Confinement and Anchorage Systems of the Compression Zone for RC Beams’

5 November 2021 — Kegiatan joint research yang berjudul ‘CFRP Wrap Confinement and Anchorage Systems of the Compression Zone for RC Beams’ merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kekangan CFRP (Carbon Fiber-Reinforced Polymer) dan metode pengangkurannya pada balok beton bertulang dengan desain over-reinforced. Perubahan kode/standar mengenai beban gempa maupun aspek lain dalam pembangunan gedung menjadi dasar diperlukannya evaluasi terhadap bangunan eksisting untuk memastikan apakah struktur masih memenuhi persyaratan sesuai standar yang berlaku saat ini. Salah satu solusi untuk meningkatkan kapasitas elemen struktur eksisting yaitu dengan melakukan perkuatan eksternal.

Penelitian ini menggunakan material CFRP wrap berbentuk ‘U’ dipasang pada area balok yang mengalami tekan. Digunakan 3 macam pengangkuran ujung CFRP wrap untuk mencegah terjadinya fenomena debonding, yaitu terlepasnya CFRP dari permukaan beton sebelum CFRP mencapai kapasitas maksimumnya. Berikut adalah ketiga macam pengangkuran yang digunakan dalam penelitian ini:

 

1. Angkur fan/kipas

Angkur terbuat dari CFRP string yang sebagian dimasukkan ke dalam beton, lalu sebagian lagi dihamparkan membentuk kipas di atas CFRP wrap.

2. Angkur dengan coakan

Ujung CFRP wrap dimasukkan ke dalam coakan yang dibuat pada selimut beton kemudian ditutup kembali menggunakan epoxy.

3. Angkur stitch

Angkur dibuat dengan menggunakan CFRP string yang kedua ujungnya dimasukkan ke dalam balok, menembus CFRP wrap. Serat CFRP wrap direnggangkan pada titik penjangkaran untuk membuat celah supaya serat CFRP string dapat menembus CFRP wrap dan masuk ke lubang penjangkaran pada beton tanpa merusak serat CFRP wrap yang terpasang.

Penelitian ini merupakan kerjasama antara Universitas Diponegoro (UNDIP) – National United University (NUU), Taiwan – Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) – Nihon University, Jepang – PT Sika Indonesia. Kegiatan yang saat ini sedang berlangsung yaitu persiapan pemasangan CFRP dan persiapan berbagai instrumen pengujian di laboratorium Bahan dan Konstruksi, Departemen Teknik Sipil UNDIP. Persiapan pemasangan CFRP meliputi pengkasaran permukaan beton dan pembuatan lengkung pada sudut penampang balok (radius corner) untuk menghindari adanya konsentrasi tegangan pada sudut balok.