Han Ay Lie

Professor of Structural and Material Engineering at Diponegoro University

Kunjungan Yayasan pada SMK Theresiana Bandungan

Kunjungan Yayasan pada SMK Theresiana Bandungan

Kamis (22/10/2020), Yayasan Fatimah Urip melakukan kunjungan pada SMK Theresiana Bandungan sebagai sekolah dimana salah satu siswa penerima beasiswa yayasan nantinya akan menimba ilmu. Kunjungan dimaksudkan untuk mengetahui profil SMK Theresiana Bandungan serta untuk mengetahui visi, misi serta program sekolah untuk dapat menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi namun tetap memiliki integritas dan karakter yang unggul.

SMK Theresiana Bandungan merupakan sekolah naungan Yayasan Bernadus yang terbentuk pada tahun 1959. Visi SMK Theresiana Bandungan adalah untuk “Memuliakan Tuhan dengan menghadirkan pelayanan pendidikan pertanian yang berdampak, berkualitas dan berkarakter” serta didukung dengan berbagai misi:

  1. Mengembangkan komunitas pendidikan katolik yang berciri khas pada pertanian;
  2. Membentuk dan menerapkan kurikulum kewirausahaan pertanian dan peternakan yang unggul berbasis pada IT, kearifan lokal dan hidup memasyarakat;
  3. Membentuk peserta didik yang cerdas dan berkarakter kristiani (jujur, disiplin, peduli dan penuh kasih);
  4. Membentuk karakter pendidik dan tenaga kependidikan yang penuh sukacita, disiplin, jujur, peduli, dan berkemampuan IT; serta
  5. Mewujudkan lingkungan yang bersih, hijau, dan berdayaguna dengan optimal

SMK Theresiana Bandungan memiliki dua program kompetensi kejuruan:

  1. Agribisnis Ternak Unggas (ATU)
  2. Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura (ATPH)

Kejuruan Agribisnis tanaman pangan dan holtikultura (ATPH) mempelajari mengenai ilmu pertanian baik sayur-sayuran maupun buah-buahan yang dapat dikonsumsi dengan metode pertanian konvensional yaitu menggunakan media tanah dan juga metode modern tanpa media tanah atau biasa disebut sebagai tanaman hidroponik.

Adapun fasilitas yang tersedia di sekolah SMK Theresiana Bandungan:

Gambar 1. Area pertanian modern (Hidroponik)

Gambar 2. Area pertanian konvensional

Gambar 3. Asrama

Gambar 4. Ruang Aula

Gambar 5. Kantin

Gambar 6. Gedung Sekolah