Han Ay Lie

Professor of Structural and Material Engineering at Diponegoro University

Raih Penghargaan Outstanding Talents, Yanuar Haryanto, S.T., M.Eng Torehkan Prestasi di Luar Negeri

Yanuar Haryanto, S.T., M.Eng, staf pengajar Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), yang merupakan salah satu mahasiswa bimbingan Profesor Han Ay Lie dari dan saat ini menjadi kandidat Ph.D di National Cheng Kung University (NCKU) Taiwan, menorehkan prestasi di luar negeri dengan meraih penghargaan Outstanding Talents. Penghargaan ini disponsori oleh NCKU-Bank SinoPac Taiwan melalui kolaborasi akademis-industri yang bertujuan untuk mendirikan Atelier Future, program yang menumbuhkan dan mendorong bakat-bakat menonjol di bidangnya masing-masing. Presiden NCKU Profesor Huey-Jen Su menyampaikan bahwa NCKU terus berupaya untuk mengintegrasikan aktivitas keseharian ke dalam gaya hidup lokal dan berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan untuk menghasilkan karya inovatif. “Bank SinoPac melalui kerjasama tahap kedua dengan NCKU ini menawarkan penghargaan dan insentif kompetitif kepada mahasiswa, balik lokal maupun internasional, serta staf fakultas yang berkompeten untuk membantu kami mencapai tujuan kami,” terangnya.

Dilansir dari website resmi UNSOED (www.unsoed.ac.id), pada tahun 2021 ini Yanuar menduduki peringkat pertama dari total 15 mahasiswa internasional yang meraih penghargaan Outstanding Talents. Dalam surat rekomendasi yang ditulisnya, Wakil Presiden NCKU bidang Urusan Internasional Profesor Hsiao-Wen Wang mengemukakan bahwa Yanuar berkontribusi signifikan pada bidang Structural Engineering dan Earthquake Engineering. “Saya mengenal Yanuar dengan baik melalui keterlibatannya pada berbagai proyek dan kegiatan di NCKU, termasuk sebagai Teaching Assistant pada mata kuliah English Technical Writing yang saya ampu. Intelektual dan kerja kerasnya dengan jelas ditunjukkan melalui 29 paper sampai saat ini yang telah diterima dan diterbitkan di berbagai jurnal internasional dan prosiding yang terindeks Scopus dan Web of Science,” imbuhnya. Senada dengan hal tersebut, Profesor Hsuan-Teh Hu selaku pembimbing utama mengatakan bahwa dirinya mengenal Yanuar sebagai mahasiswa dengan motivasi, ketekunan, dan etos kerja yang tinggi. “Di samping paper-paper yang telah diterima dan terbit, terdapat enam paper lain yang sedang dalam tahap revisi dan review dari hasil risetnya di bidang Structural Engineering dan Earthquake Engineering baik yang dilaksanakan sebelum maupun setelah menjadi mahasiswa di NCKU,” ungkapnya. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Profesor Han Ay Lie dan Profesor Fu-Pei Hsiao selaku pembimbing pendamping.

Dalam kesempatan ini, Yanuar mengemukakan dirinya berterima kasih kepada NCKU dan Bank SinoPac Taiwan atas penghargaan yang diraihnya. Yanuar juga menyampikan ucapan terima kasih kepada PT Sika Indonesia dan Sika Taiwan atas dukungannya untuk riset yang sedang dijalani saat ini. Selanjutnya kembali Yanuar menekankan bahwa meraih penghargaan Outstanding Talents ini tidak akan mungkin dapat dicapai tanpa inspirasi dari para pembimbing, senior, kolega dan pimpinan di UNSOED, serta keluarga yang sangat dihormatinya. “Sekali lagi saya menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mereka semua, kedua orang tua saya, Bapak Mochamad Nasir (Alm) dan Ibu Ciptowati, para pembimbing saya, Profesor Hsuan-Teh Hu dari NCKU, Profesor Han Ay Lie dari UNDIP, dan Profesor Fu-Pei Hsiao dari National Center for Research on Earthquake Engineering (NCREE) yang selalu mendukung saya. Saya juga sangat berterima kasih kepada Profesor Buntara Sthenly Gan dari Nihon University (Jepang), Profesor Sri Tudjono dan Dr. Sukamta dari UNDIP, Dr. Junaedi dari UAJY, serta Ir. Hartono Hioe dan Ir. Adiwibawa Reksabuana dari PT Sika Indonesia yang telah banyak memberikan arahan dan bantuan kepada saya,” pungkasnya.