Han Ay Lie

Professor of Structural and Material Engineering at Diponegoro University

Pemberkatan, Peresmian, dan Open House GSL (Griya Satwa Lestari) Pet Point

Kamis (30/12/2021), Yayasan Fatimah Urip menghadiri acara Pemberkatan, Peresmian, dan Open House GSL (Griya Satwa Lestari) Pet Point. GSL Pet Point sendiri merupakan cabang dari GSL yang berpusat pada Jl. Kumudasmoro Utara No.17, Bongsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang. Acara dimulai dengan adanya pemberkatan secara Katolik lalu dilanjutkan dengan peresmian dan diakhiri dengan open house dimana para tamu undangan dapat menikmati live music, pemeriksaan maupun pemberian vitamin kepada hewan peliharaannya secara gratis.

Griya Satwa Lestari telah lama berkecimpung di bidang pelestarian dan pemeliharaan binatang. Sudah banyak kucing-kucing liar yang terdapat pada kawasan Kampus Universitas Diponegoro yang dibantu oleh GSL untuk dapat disterilisasi dimana program ini sendiri merupakan bentuk Kerjasama antara Yayasan Fatimah Urip dan pihak Griya Satwa Lestari. Program Steril Kucing Lokal oleh GSL sendiri telah dilakukan pada tahun lalu tepatnya 18-30 April 2021 namun program tersebut masih tetap dilanjutkan hingga saat ini. Adapun program sterilisasi kucing memiliki berbagai manfaat, yaitu:

  1. Menjadikan kucing lebih sehat, terhindar dari penyakit kelamin dan meningkatkan hormor tumbuh kembang;
  2. Menghindari adanya perkelahian khususnya pada kucing jantan;
  3. Bagi kucing-kucing yang diadopsi setelah di sterilisasi, maka akan bermanfaat kepada pemilik dimana kucing akan jauh lebih betah di rumah;
  4. Meminimalisir populasi kucing yang dapat memicu over population sehingga meningkatkan kasus penelantaran kucing;
  5. Perilaku kucing yang menjadi lebih baik; dan
  6. Menghindari stress pada kucing.
Han Ay Lie