Han Ay Lie

Professor of Structural and Material Engineering at Diponegoro University

Penelitian World Class Research UNDIP (WCRU) “Strengthening Balok di Muka Kolom dengan Balok Haunch Menggunakan Self Compacting Geopolymer Concrete (SCGC)”

Penelitian World Class Research UNDIP (WCRU) merupakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan produksi jumlah artikel publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi tinggi secara kuantitas maupun kualitas di Universitas Diponegoro, meningkatkan jumlah sitasi terhadap artikel-artikel publikasi dari Universitas Diponegoro, meningkatkan aktivitas research atmosphere di grup riset yang ada di lingkungan Universitas Diponegoro sehingga mempunyai arah/roadmap penelitian yang jelas, serta membangun networking atau kolaborasi riset atau authorship dengan peneliti asing yang bereputasi baik.

 

Pada tahun 2021 Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Diponegoro melakukan Penelitian WCRU dengan judul Strengthening Balok di Muka Kolom dengan Balok Haunch Menggunakan Self Compacting Geopolymer Concrete (SCGC) yang akan dilakukan secara multiyears dari tahun 2021 sampai tahun 2023 mendatang. Adapun susunan tim Penelitian WCRU ini adalah :   

Ketua Penelitian         : Prof. Dr. Ir. Han Ay Lie, M.Eng.

Anggota Penelitian     :

  • Ir. Nuroji, MS.
  • Purwanto, MT, M.Eng
  • Blinka Hernawan P., ST.

Mitra Penelitian          :

  • Eng.Januarti Jaya Ekaputri, ST,MT (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  • Dr. Eng. Buntara Stanley Gan (Nihon University, Japan)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin berkembangnya Code atau Peraturan Gempa di Indonesia karena mengikuti perkembangan perilaku gempa yang ada. Kriteria desain untuk struktur bangunan tahan gempa mensyaratkan bahwa struktur bangunan harus direncanakan mampu menahan beban gempa dengan periode ulang 2500 tahunan, hal ini sesuai dengan Code atau Peraturan Gempa terbaru di Indonesia yaitu SNI 1726-2019. Sehingga bangunan eksisting yang didesain dengan Code Gempa lama pasti tidak kuat apabila dicek ulang dengan Code Gempa baru. Terkait dengan hal tersebut maka struktur bangunan eksisting perlu perkuatan untuk meningkatkan kinerja dan kapasitas strukturnya. Pada penelitian ini diusulkan sebuah metode perkuatan (strengthening) untuk meningkatkan kapasitas dan kinerja balok lentur dengan memasang balok haunch beton geopolimer yang memadat sendiri – self compacting geopolymer concrete (SCGC) di muka kolom.

 

Penelitian WCRU Strengthening Balok di Muka Kolom dengan Balok Haunch Menggunakan Self Compacting Geopolymer Concrete (SCGC) yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu 3 tahun memiliki tahapan penelitian yang dapat dilihat pada diagram alir berikut :