Pengaruh Jarak Dan Variasi Penempatan Multi-Inklusi Berbentuk Lingkaran Terhadap Perilaku Beton


Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Mengetahui pengaruh variasi jarak antar inklusi dan penempatan dari multi-inklusi silinder terhadap kuat tekan beton.
  2. Mengetahui pola retakan pada beton dengan variasi jarak antar inklusi dan penempatan dari multi-inklusi silinder yang berbeda-beda.

12

Penelitian ini menggunakan mortar dengan 6 varian konfigurasi inklusi berbentuk lingkaran, masing-masing varian berjumlah 10 benda uji dengan ukuran 100 x 100 x 50 mm. Seluruh benda uji ini nantinya akan dikorelasikan dengan benda uji SO (mortar only)

13
Proses pemasangan inklusi pada bekisting sebelum dilakukan pengecoran

14
Benda uji telah selesai di cor dan dilakukan curing selama 28 hari

15
Berikut adalah setup dari penelitian ini. 4 buah LVDT (Linear Variable Displacement Transducer) arah vertikal dipasang pada sisi tepi kanan atas, kanan bawah, kiri atas, dan kiri bawah dari benda uji, berfungsi untuk mengukur displacement.

16

Pengujian benda uji menggunakan teflon pada sisi atas dan bawah agar meratakan beban yang diberikan dan benda uji tidak mengalami gesekan dengan permukaan pelat. Spesimen diuji dengan menggunakan Compression Test merek Hung Ta dan dilakukan analisis terhadap kuat tekan dan pengamatan terhadap perilaku pola retak masing-masing spesimen.